Keramahan Wisata Kalibiru Jogjakarta dan Masyarakatnya

19.27 Paket Wisata Murah 0 Comments

Jogjakarta adalah salah satu tempat tujuan untuk rekreasi bersama dengan keluarga, sahabat, dan pasangan. Salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi adalah wisata kalibiru Jogjakarta. Di Jogyakarta bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang menarik karena wisata jogjakarta di sini murah dan obyek wisatanya juga cocok untuk anak-anak, dewasa, dan orang tua. Namun, yang paling terlihat menonjol yaitu wisata sejarah. Selain itu juga ada banyak sekali wisata yang tidak kalah menarik.

Para penduduk Jogjakarta terkenal dengan keramahannya dan kelembutannya dalam menyambut para pendatang. Sehingga para pengunjung pun akan betah untuk berlama-lama tinggal di Jogjakarta. Wisata jogjakarta murah Kalibiru letaknya di Perbukitan Menoreh, Jogyakarta. Lokasi wisata Kalibiru berada di sebelah barat Jogyakarta yang jaraknya sekitar 40 km. wisata kalibiru Jogjakarta dibangun berdasarkan inisiatif dari masyarakat sekitar hutan. Supaya hutan tetap hijau, lestari, dan sejuk. Pengembangan wisata ini melalui sebuah proses yang panjang upaya dari masyarakat sekitar untuk memulihkan keadaan hutan. Karena keadaan hutan dulu gersang dan tandus.

Pembangunan wisata kalibiru Jogjakarta dilakukan sebagai pemanfaatan jasa lingkungan yang berdasarkan izin dari pemanfaatan hutan kemasyarakatan mulai 14 Februari 2008, selama 35 tahun. Daya tarik dari kawasan wisata Kalibiru ini adalah alamnya masih asri. Hal tersebut didapatkan dari harmonisasi yang seimbang antara hamparan bukit luas dan hutan yang masih hijau. Sehingga menghasilkan alam yang asri dan pemandangan alam yang indah mempesona.

Keelokan alam makin menarik ketika dipadukan dengan masyarakat desa yang santun, ramah, kekeluargaan, dan saling gotong royong masih dipertahankan sampai sekarang. Tidak ketinggalan juga seni budaya tradisional nya. Suasana tersebut menimbulkan rasa nyaman bagi siapapun yang berkunjung di wisata kalibiru Jogjakarta ini. Disamping itu juga dapat melakukan beberapa aktivitas yang menarik, yaitu:

Kondisi dari wisata alam ini tidak tersentuh dengan beton, semuanya masih alami dan tidak ada kimia beredar di kawasan wisata ini. Semua bangunan yang ada di Kalibiru terbuat dari bambu dan kayu yang arsitek nya masih Jawa kuno. Wisata yang eksotik ini akan menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Ketinggian nya sekitar 450 meter sehingga bila cuaca cerah, wilayah gunung merapi, waduk sermo, dan pantai selatan akan terlihat dengan jelas. Wisata Kalibiru yang berada di lingkungan hutan sudah tentu udaranya sangat sejuk tidak ada polusi. Maka sangat cocok bagi mereka yang suka outbond, wisata terapi alam, dan wisata keluarga. Sebelum menjadi tempat wisata, awalnya adalah hutan lindung yang tidak terjamah sekitar tahun 1950an. Karena banyaknya pembalakan liar kawasan hutan tersebut jadi gundul. Sehingga masyarakat melakukan reboisasi dan mengelola kawasan hutan tersebut menjadi wisata kalibiru Jogjakarta sebagai wisata alam.

0 komentar: