Wisata Kaliurang Jogjakarta Kaya Akan Sejarah

19.31 Paket Wisata Murah 0 Comments

Kawasan Kaliurang adalah lereng gunung merapi yang ketinggian nya 900 meter permukaan laut. Lokasi wisata kaliurang Jogjakarta letaknya di sisi utara Jogyakarta disamping menawarkan wisata alam juga menawarkan berbagai wisata jogjakarta murah lainnya. Misalnya saja seperti wisata sejarah, udara yang sejuk, taman untuk anak-anak bermain, museum tentang budaya Jawa, dan goa-goa Jepang peninggalan dari perang dunia II.

Wisata Kaliurang berada pada ketinggian 900 m diatas permukaan laut sehingga udara di kawasan Kaliurang terasa sejuk dan segar. Suhu di sana sekitar 20-25 derajat celcius. Dari wisata kaliurang Jogjakarta dapat melihat puncak gunung Merapi secara jelas, yang terkadang diselimuti oleh kabut. Selain menikmati pemandangan yang indah, pengunjung juga bisa bermain di taman rekreasi Kaliurang. Khususnya bagi anak-anak, taman rekreasi ini dapat dijadikan tempat favorit untuk anak-anak. Di kawasan taman rekreasi ini terdapat kolam renang yang asal airnya dari lereng Bukit Plawangan. Selain itu juga, Kaliurang menyimpan kekayaan sejarah, diantaranya adalah:
  • Wisma Kaliurang dan Pesangrahan Ngeksigondo milik kraton yang dipakai untuk tempat berlangsungnya komisi 3 negara.
  • Museum Ullen Sentalu yang berada di bawah tanah sebagian dari bangunannya.
Kawasan ini sudah menjadi tempat wisata sejak penjajahan Belanda. Abad 19, beberapa ahli geologi Belanda di Jogyakarta bermaksud untuk mencarikan tempat istirahat untuk keluarga mereka. Ketika sampai di Kaliurang, mereka sangat terpesona akan keindahan dan kesejukan tempat tersebut. Para geolog itu membangun beberapa bungalow di Kaliurang. Selain ada taman rekreasi, terdapat juga faslitas lain yang tersedia di wisata kaliurang Jogjakarta. Diantaranya adalah kereta kelinci, pos pengamatan gunung Merapi, gardu pandang, perkemahan, dan tempat ibadah. Jika ingin bermalam juga tersedia penginapan.

Selain sebagai tempat wisata jogjakarta murah, Kaliurang juga menjadi tempat menyenangkan untuk rekreasi bersama keluarga. Kawasan taman rekreasi yang luasnya 10.000 m2 membuat anak-anak dapat bermain ayunan, berenang, dan perosotan. Ada beberapa di wisata kaliurang Jogjakarta seperti patung Buto Ijo dan berbagai patung hewan. Tersedia taman yang aman dilengkapi dengan kolam renang yang airnya berasal bukit plawangan. Di taman tersebut dapat melihat monyet dan kicauan burung yang bisa dinikmati.

Bila ingin berkunjung dan indahnya dan sejuknya kawasan wisata alam Kaliurang, pengunjung hanya membayar tiket masuk. Hotel dan penginapan yang tersedia pun harganya cukup terjangkau. Di kawasan wisata jogjakarta murah ini sudah banyak terdapat warung makan dengan menu yang beraneka ragam ditawarkan. Sebelum pulang ke rumah pastikan membawa oleh-oleh khas dari daerah sana yang dijajakan. Ada buah-buahan hasil dari petani lokal, makanan khasnya tempe dan tahu bacem, dan jadah dengan harga yang murah. Jadah adalah makanan terbuat dari parutan kelapa dan beras ketan. Nah, akan sangat menyenangkan jika wisata kaliurang Jogjakarta.

0 komentar: