Menguji Nyali di Wisata Gua Jomblang Jogjakarta

19.40 Paket Wisata Murah 0 Comments


Gua Jomblang adalah salah satu gua dari gua Gunungkidul yang sangat populer karena unik dan indahnya tidak terbantahkan dan juga merupakan salah satu travel jogja murah yang terkenal. Pada 2011 wisata gua jomblang dijadikan tempat untuk pengambilan gambar amazing race Amerika. Letaknya berada di rentangan bukit karst di pesisir selatan memanjang dari Gombong, Jawa Tengah sampai di kawasan karst gunung Sewu, Jawa Timur. Gua vertikal yang bertipe collapse doline terbentuk karena proses geologi yang ambles tanahnya dan vegetasi yang di atas dasar bumi terjadi ribuan tahun yang lalu. Runtuhan tersebut membentuk sinkhole yang bahasa Jawanya adalah luweng. Karena itu gua ini memiliki luas sekitar 50 m sering disebut dengan Luweng Jomblang.

Pemandangan wisata gua jomblang akan mengundang decak kagum bagi yang melihatnya. Jika sejauh mata yang memandang akan menemui bukit karst dan jati telah meranggas. Maka perut Gua Jomblang yang terhampar adalah sebuah pemandangan yang hijau sangat subur. Banyak terdapat beragam lumut, semak, paku-pakuan, dan pohon besar yang tumbuh sangat rapat. Hutan yang vegetasinya jauh berbeda dari kondisi di atas sering dikenal dengan sebutan hutan purba. Sejak runtuhnya tanah ke bawah, vegetasi tersebut akan terus hidup dan selalu berkembang biak sampai saat ini.

Gua Jomblang yang merupakan salah satu wisata jogja pertama kalinya dijelajahi pada 1984 oleh sekelompok penjelajah gua yang berasal dari Jogyakarta. Saat akan datang ke wisata gua jomblang harus membawa peralatan yang khusus sesuai standar keamanan yang diperlukan. Untuk menyusuri gua jomblang para pengunjung harus didampingi dengan penelusur gua jomblang yang sudah berpengalaman. Sehingga perjalanan akan aman dan nyaman.

Demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung maka disarankan untuk memakai alat keamanan yang lengkap. Sehingga aman saat menyusuri gua jomblang. Untuk dapat menyusuri seluruh daerah wisata gua jomblang, yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:
  • Memakai coverall,
  • Helm,
  • Sepatu boot,
  • Headlamp,
  • Seat harness,
  • Chest harness,
  • Ascender,
  • Auto descender,
  • Jammer,
  • Footloop,
  • Carabiner,
  • Cowstail panjang dan pendek.
Di Gua Jomblang terdapat beberapa lintas yang bisa dilalui. Bagi para wisatawan yang masih belum pengalaman ketika menjelajahi gua vertikal ini, maka sebaiknya melalui lintasan paling pendek yang dikenal dengan sebutan jalur VIP. Di jalur VIP lereng gua di 15 meter pertama masih dapat ditapaki oleh kaki. Namun, setelah itu, agar dapat sampai di dasar gua, maka para pengunjung menuruni tali yang panjangnya sekitar 20 meter. Keadaan tersebut cukup membuat takut sebagian pengunjung, apalagi bagi para pengunjung yang belum pernah melakukan kegiatan seperti itu. Namun, bagi para pengunjung wisata gua jomblang yang sudah memiliki pengalaman dalam melakukan kegiatan yang menguji nyali seperti panjat tebing, pastinya sudah terbiasa dengan kegiatan tersebut.

0 komentar: